YOGYAKARTA  - Tenaga  Baru Pontianak menjaga asanya untuk  lolos ke semifinal menemani Tanago Friesian Jakarta yang menjadi juara pool A. Kemenangan  atas Scorpio Jakarta 60-47 di pertandingan terakhir penyisihan Pool A, Selasa (23/4/2019). Hasil ini sekaligus menghidupkan peluang mereka untuk bisa lolos ke babak selanjutnya. Tapi ada satu syarat mutlak yang harus mereka tuntaskan, yakni bisa mengalahkan tim Tanago Jakarta di pertandingan penyisihan akhir pool B, pada hari Rabu (24/4/2019) dan GMC Cirebon terjegal di pertandingan terakhir mereka.

Skuad asuhan Irma Amelya langsung tancap gas di kuarter pertama. Mereka unggul sementara atas Scorpio 16-5. Penyebabnya adalah akurasi tembakan tiga angka mereka yang berjalan dengan baik, tercatat mereka mampu mencetak poin dari empat kali tembakan tiga angja (dari 10 kali usaha). Sedangkan Scorpio dari delapan kali kesempatan mencetak three poin, hanya satu saja yang bisa menghasilkan angka.

Tenaga Baru melanjutkan tren positip pada 10 menit berikutnya. Mereka kembali menang dengan skor 28-19. Hingga menutup babak pertama, Fergie Kawengian menjadi pemain Tenaga Baru yang paling produktif. Ia mencetak enam angka, yang semuanya ia cetak dari tembakan tiga angka.

Di babak kedua, Scorpio mulai bangkit. Memasuki dua menit waktu berjalan, tim asal Ibukota tersebut menipiskan kedudukan menjadi 30-25. Dua menit berikutnya, Fergie Kawengian kembali memperbesar keunggulan Tenaga Baru Pontianak, kembali lewat tembakan tiga angka (35-27). Upaya mengejar ketertinggalannya dengan gigih terus di lakukan oleh anak-anak Scorpio, hasilnya mereka bisa memangkas margin poin hanya menjadi lima angka saja, menutup kuarter ketiga usai (40-35).

Fergie Kawengian akhirnya menjadi top performer untuk timnya, meski ia harus foul out menjelang akhir kuarter keempat, namun pemain bernomor punggung 13 tersebut sukses menjadi pendulang angka terbanyak untuk timnya yakni 12 poin dan juga mengoleksi dua assist, dua rebound dan satu steal. Delaya Maria pemain Scorpio Jakarta memimpin dalam perolehan angka untuk timnya, ia membuat 18 angka dan tiga rebound.

“Saya tidak mencari pembelaan, tapi kondisi kami di seri ini bisa di katakan 60 % karena tujuh pemain kami sebenarnya masih dalam cedera. Karen sebenarnya harus operasi Kista, tapi dia menunda demi membela Scorpio di babak playoffs. Dengan kondisi ini saya tidak bisa memaksa mereka, tapi musim depan kami akan lebih siap lagi, terutama dengan menambah kekuataan pemain dari binaan kami terlebih dahulu. Setelah itu saya akan melihat sesuai dengan kebutuhan tim,” komentar Budi Wardoyo, pemilik klub Scorpio Jakarta yang juga sekaligus sebagai pelatih.

“Mungkin hari ini kami bermain lebih tenang dan sabar. Beda seperti pada game kemarin. Kami akan mencoba sekuat tenaga untuk bisa menang di pertandingan penentuan besok melawan Tanago Jakarta supaya kami lolos ke semifinal ,” ujar Anjelin Rosmika Simanjuntak. (DPA)