YOGYAKARTA – Merpati Bali  sukses menancapkan kakinya selangkah lagi menuju babak semifinal Srikandi Cup musim 2018-2019, setelah di babak playoffs Pool A, Merpati mengalahkan Flying Wheel 80-47 di GOR Ki Bagoes Hadikoesoemo, Universitas Islam Indonesia, Senin (22/4/2019).

Merpati Bali yang di latih oleh Bambang Asdianto Pribadi turun dengan komposisi para pemain starternya yakni Agustin Gradita Retong yang bertindak sebagai kapten tim, Tania Rasidi, Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma, Dora Lovita, Kadek Pratita Citta Dewi.  Sedangkan Flying Wheel Makassar yang di arsiteki Eddy Winarso,memasang lima pemain intinya yakni Jumriah HL, Vivit Dian Arini (kapten), Virza Rozaku, Siti Fatimah dan Ummil Asmi.

Dua kuarter awal menjadi milik Merpati Bali, 16-12, 34-26. Selama itu, Merpati begitu dominan dalam hal bola rebound (27 kali) sementara Flying Wheel hanya mampu membuat 20 saja. Namun dalam catatan statistik hingga babak pertama, kemenangan sementara Merpati Bali di raih dari usaha mereka mencetak poin dari kesalahan yan di buat lawan (sembilan poin) dan juga koleksi angka dari para pemain cadangannya (total membuat 20 poin). Pemain pelapis Merpati bernomor punggung enam yakni Putu Tiana Widiastari, menjadi topskor bagi timnya di 20 menit pertama. Bermain selama 11 menit, ia berhasil membuat delapan angka dan dua steal, Membayangi di belakangnya adalah Fitria Ramadhani Madjid dengan enam poin.

Intensitas permainan Merpati Bali semakin meningkat di kuarter  ketiga dan kembali unggul 58-42. Puncaknya mereka menyudahi perlawanan Flying Wheel Makassar dengan selisih 33 angka. Dua pemain Merpati Bali sama-sama mencetak 14 angka yakni Putu Tiana Widiastari dan Husna Aulia Latifah. Jumriah Hl motor serangan Flying Wheel Makassar mencatatkan namanya menjadi topskor untuk timnya malam ini dengan raihan 21 poin.

“Masalah kami selalu di game pertama. Hari ini mereka terlalu terburu-buru. Sebenarnya kuarter pertama dan kedua mereka masih bermain padu, tapi di kuarter ketiga dan ke empat mereka kurang maksimal. Tapi secara overall sebenarnya penampilan mereka terus meningkat,” ucap Eddy Winarso.

“Kuncinya kemenangan hari ini mungkin kita bermain enjoy dan saling percaya satu sama lain. Sebenarnya tidak ada instruksi khusus dari pelatih kepada saya untuk mencetak angka sebanyak-banyaknya,  semua itu dukungan dari  teman-teman, sehingga saya mungkin bisa lebih leluasa dan nyaman untuk mencetak angka,” komentar Putu Tiana Widiastari.

Selanjutnya Merpati Bali akan bertemu dengan Sahabat Semarang dipertandingan terakhir penyisihan Pool B pada hari Rabu (24/4/2019). Sedangkan Flying Wheel  Makassar akan kembali bertanding besok, Selasa (23/4/2019). (DPA)