SEMARANG – GMC Cirebon berhasil membalas kekalahan atas Flying Wheel Makassar pada pertemuan di seri 2 Jakarta kemarin (72-57),  setelah pada pertandingan lanjutan Srikandi Cup Seri 3 tadi yang berlangsung di GOR Sahabat Semarang, Selasa (2/4/2019) mereka mengatasi lawannya dengan skor 55-52. Kapten tim GMC Cirebon Christie Apriyani Rumambi bermain gemilang pada pertandingan hari ini, ia mencetak 15 angka dan enam rebound, satu assist dan tiga steal. Sedangkan pemain Flying Wheel MakassarAzizah Abas menjadi topskor untuk timnya dengan raihan 16 poin, empat rebound dan tiga assist.

Christie membuka perolehan skor untuk timnya lewat tiga kali tembakan bebas yang ia peroleh, setelah di awal ia dilanggar oleh salah satu pemain Flying Wheel Makassar Vivit Dian Arini. Dengan dingin pemain bernomor punggung 66 itu berhasil mengeksekusi dengan baik tiga kali kesempatan tembakan bebas. Ummil Asmi segera membalas dengan dua poin, tapi tidak berselang lama, GMC Cirebon membalasnya lewat tembakan three poin yang berhasil di jaringkan dengan baik oleh Nurlaela Azhara, membuat kedudukan berubah menjadi 6-2 untuk GMC Cirebon. 10 menit usai, papan skor mencatatkan 12-8 untuk kemenangan sementara GMC Cirebon.

Ummil Asmi menipiskan kedudukan 10-12 pada menit pertama kuarter kedua berjalan. Tapi pemain GMC Cirebon nomor punggung 2 Chelly Marcelina membalasnya dengan tembakan dua poin. Kerjasama Chelly dan Shinta Ayu Ramadhani  di area pertahanan lawan berbuah manis, kembali Chelly menambah poin lewat umpan matang Shinta, disusul lay up Deniece Gunarto menjadikan skor berubah menjadi 11-17, sebelumnya Flying Wheel menambah satu angka lewat eksekusi tembakan bebas Jumriah. Mendekati akhir kuarter kedua Flying Wheel bangkit dan dapat mencetak empat poin beruntun sumbangsih Azizah Abas sekaligus menipiskan kedudukan menjadi 21-25.

GMC sempat sedikit mengendur pada kuarter ketiga, bahkan lawan sempat menyamakan kedudukan 25-25. Tapi perlahan GMC Cirebon yang sudah diperkuat oleh dua pemainnya yang baru pulih dari cedera yakni Deniece Adriana Gunarto dan Nikytta Kiki Philipus akhirnya bangkit lagi memperlebar kedudukan 37-28. Usaha yang tidak kenal menyerah terus diperlihatkan oleh para pemain Flying Wheel Makassar,  bahkan 44 detik kuarter ketiga, merekapun mampu menipiskan kedudukan menjadi 37-38 dan skor tidak berubah sampai buzzer kuarter ketiga berbunyi. 10 menit kuarter penentuan kedua tim masih berusaha untuk meraih kemenangan. Lay up Jumriah HL membawa unggul timnya 43-41 dimenit ke enam 51 detik. Selanjutnya lima poin lagi kembali di raup oleh Fying Wheel Makassar (47-41) sebelum akhirnya GMC Cirebon menyamakan skor 47-47 lewat dua kali three poin yang dilepaskan oleh Deniece Gunarto dan Christie Rumambi. Deniece Gunarto kembali mencetak tiga angka kembali (50-47), pelatih Eddy Winarso pun meminta time out (waktu 2 menit 46 detik). Tidak berselang lama Flying membalasnya juga dengan tembakan tiga angka Virza Rozaku (50-50). Selanjutnya kedua tim kembali sama-sama menambah dua angka 52-52. Shinta Ayu Ramdhani akhirnya membawa GMC kejalur kemenangan, ia berhasil menyumbang tiga poin yang ia cetak dua poin dari tembakan jump shot dan satu poin dari free throw.

“Kami tadi bermain dengan semangat karena kita sudah pernah mengalahan mereka di seri 2 kemarin. Sayangnya di akhir kita kurang tenang,” komentar singkat Azizah Abas.

“Kita terlalu terburu-buru jadi terkadang kita banyak melakukan kesalahan sendiri. Setelah lawan menyamakan kedudukan kami memperbaiki defense dan akhirnya bisa revans atas mereka. Seri ini kami juga semakin padu karena dua pemain kami yang cedera sudah pulih kembali dan tinggal mematangkan kekompakan tim saja,” ucap Chritie Rumambie. (DPA)