Sahabat Semarang berhasil menundukkan GMC Cirebon dengan skor 63-46, dalam lanjutan Srikandi Cup 2018-2019, di GOR Grogol, Sabtu, 16 Februari 2019. Lewat kemenangan tersebut, mereka kini berada di peringkat ketiga klasemen sementara.

Sahabat mencetak lima poin berturut-turut yang membuat mereka memimpin 5-2. Mereka juga sempat meninggalkan GMC dengan keunggulan 12-8. Tapi kuarter pertama, berakhir dengan skor 14-10 untuk Sahabat. Sahabat banyak mendapat keuntungan dari kesalahan GMC. Mereka mencetak tujuh poin dari sembilan turn over GMC. Danisha Indah Pratiwi menyumbang lima poin untuk Sahabat di kuarter ini.

Under basket Shinta Ramadhani di awal kuarter kedua, membuat GMC menyamakan kedudukan 16-16. Sahabat segera merespon dengan mencetak dua poin lewat Dyah Lestari. Sahabat kembali memimpin 18-16. Puncaknya lay-up Danisha membawa Sahabat unggul sembilan poin (25-16). Skor 28-18 untuk Sahabat mengakhiri kuarter kedua.

Di kuarter ketiga, three point jump shot Isabelle di sisa tiga menit membuat GMC hanya terpaut empat poin (35-39). Bella Sthefani juga memasukkan satu free throw yang membuat skor berubah 36-30. Tapi sebelum berakhir, Sahabat kembali memperlebar jarak menjadi empat poin (41-36) melalui dua poin Dyah Lestari. Dyah sendiri selama tiga kuarter sudah mencetak 14 poin dan 11 rebound.

Tujuh poin Dyah Lestasi di awal kuarter keempat membawa Sahabat unggul 12 poin (50-38). Namun GMC tidak menyerah begitu saja. GMC mendekat delapan poin (42-50) setelah Christie memasukkan dua kali jump shot. GMC semakin tertinggal karena mereka gagal mengantisipasi dua bigman Sahabat, Dyah Lestari dan Yuni Anggraeni.

"Sahabat itu tim yang berbahaya di dalam dan di luar. Artinya, ketika kami antisipasi di dalam, jaga Yuni dan Dyah, ternyata mereka menembak dari luar. Mungkin yang saya bisa pelajari dari semua pertandingan di seri ini adalah komunikasi, khususnya saat defense," kata Isabelle Suryaman, pemain GMC Cirebon.

Dyah Lestari membuat 25 poin dan 14 rebound. Lalu Yuni Anggraeni menyumbang 12 poin dan 13 rebound. Kemudian Danisha Indah Pratiwi mampu mencetak 19 poin. Di tim GMC, ada tiga pemain dengan double digit point yaitu Christie Apriyani (15 poin), Isabelle Suryaman (13 poin), dan Shinta Ayu Ramadhani (10 poin).

"Sebenarnya ini meleset dari target kami. Sebab kami berencana mengambil tiga kemenangan di seri ini. Tapi kami akan balas nanti di Semarang. Mengenai kondisi pemain, tentu akan menjadi perhatian kami. Sebab jeda antar-seri sangat jauh. Harus pintar-pintar mengatur program latihan," ujar Xaverius Wiwid, pelatih Sahabat. 

Sahabat akan menjadi tuan rumah gelaran seri ketiga yang akan berlangsung mulai 1 hingga 6 April 2019 mendatang. (DPA)