Tenaga Baru

Klub Tenaga Baru Pontianak dibentuk 68 tahun yang lalu, oleh Bapak Tan Sin She (Guru Tan). Tepatnya tanggal 4 April tahun 1949. Klub Tenaga Baru dulunya hanya beranggotakan tim putri saja, dan semua bersuku tionghoa (chinese).

Bapak Tan Sin She adalah pelatih pertama sekaligus pendiri klub basket putri Tenaga Baru Pontianak pada masanya. Dan pada tanggal 17 November 2010, Tan Sin She meninggal dunia (beliau sakit keras), dan pada masa-masa beliau sakit, beliau memberikan kepercayaan kepada salah satu senior putri Tenaga Baru, yaitu Marina Enny Kosasih, lebih akrab di panggil Amma, sebagai ketua sekaligus pemimpin klub ini. Sampai pada akhirnya beliau (Guru Tan) meninggal dunia tahun 2010.

Maka diawal tahun 2011, ce Amma selaku ketua klub Tenaga Baru mulai membuat perubahan besar-besaran terhadap Klub Tenaga Baru Pontianak, dengan merekrut pelatih tetap Tenaga Baru dari luar Kalimantan Barat, yaitu Saudari Yenny Farida Simorangkir asal Yogyakarta. Pada awal tahun 2011 sampai dengan sekarang, beliau masih melatih Klub ini. Serta mengadakan kompetisi tahunan untuk mengenang jasa-jasa guru Tan (Tan Sin She), Klub Tenaga Baru mengadakan agenda rutin tahunan yaitu kompetisi antar Klub se-Kalimantan Barat dimulai dari tahun 2011, dengan nama Tenaga Baru Cup yang dilaksanakan tiap tahunnya diantaranya  Tenaga Baru Cup I tahun 2011, Tenaga Baru Cup II tahun 2012, Tenaga Baru Cup III tahun 2014, Tenaga Baru Cup IV tahun 2015, Tenaga Baru Cup V tahun 2016, dan terakhir Mei 2017 lalu Tenaga Baru Cup VI sebagai peringatan 68 tahun bendera Klub Tenaga Baru masih berkibar di Kota Pontianak.

Dan pada tahun 2014, dengan seijin ketua Klub Tenaga Baru, pelatih Tenaga Baru Yenny Farida Simorangkir membuka latihan umum untuk senior putri baik dari kategori usia dini, junior maupun kuliah dari kalangan non-tionghoa (melayu).

Dan diawal tahun 2015, Tenaga Baru membuka lagi kelas untuk kategori Putra, dari usia Sekolah Dasar/pemula, usia kelompok umur SMP & SMA putra dengan pembagian jadwal latihan perminggunya. Sampai sekarang, Klub Tenaga Baru masih aktif dan rutin dengan semua jadwal-jadwal latihan yang ada dari pengurus klub, serta agenda-agenda rutin keikut sertaan dikompetisi-kompetisi divisi di Kota Pontianak dan sekitarnya.

Statistics

Coming Soon