(srikandicup.com) - Keberangkatan tim nasional ke Korea Selatan untuk menjalani rangkaian uji coba tinggal menghitung hari. Henny Sutjiono, dkk dijadwalkan berangkat dari tanah air tanggal 28 Juni mendatang dari Jakarta. Tim Nasional Indonesia akan berada di Korea Selatan selama 3 minggu untuk bertanding melawan berbagai tim basket putri asal Korea Selatan, dan juga menjalankan program latihan tambahan selama disana. Pemilihan Korea Selatan sebagai lokasi uji tanding bukan yang pertama kali bagi tim nasional, sebelumnya tim nasional juga menjalankan program serupa di Korea Selatan kala mempersiapkan diri untuk SEA Games Kuala Lumpur 2017 yang lalu.

Sesampainya di Korea Selatan, tim akan menjalankan beberapa sesi latihan dan adaptasi terhadap suasana di sana. Rangkaian uji tanding baru akan dimulai pada tanggal 3 Juli, dimana tim nasional dijadwalkan bertanding melawan Shinhan S-Birds, salah satu tim kontestan Liga Basket Putri Korea (WKBL). Kesempatan bertanding di Korea Selatan akan menjadi momen yang baik bagi pemain-pemain tim nasional yang saat ini dihuni oleh mayoritas pemain muda untuk merasakan lawan yang tangguh dan cepat secara permainan. Rangkaian pertandingan ini juga menjadi momen bagi tim pelatih untuk menguji pola permainan yang sudah disiapkan beberapa bulan terakhir.

Kadek Pratita Citta Dewi, salah satu punggawa tim nasional mengatakan bahwa tim nasional yang dipersiapkan untuk Asian Games ke XVIII ini memiliki kohesi yang baik antar pemain. "Tim sekarang juga lebih mudah menyerap instruksi-instruksi dari pelatih, karena sebagian pemain sudah punya pengalaman bekerja sama dengan tim pelatih yang sama pada SEA Games kemarin." Hal ini membantu pemain-pemain yang baru bergabung pertama kali dengan tim nasional lebih mudah dalam menyerap dan menjalankan instruksi yang diberikan, terutama dalam menjalankan pola permainan.

Tim nasional sendiri membawa 14 pemain untuk berangkat ke Korea Selatan, 2 nama yang dicoret sebelumnya, Dora Lovita, dan Eka Liana pada akhirnya memilih untuk tidak berangkat ke Korea Selatan. Asisten Manajer Tim Nasional Indonesia Alvin Indra menjelaskan, bahwa Dora Lovita memilih untuk berfokus memperkuat almamaternya, Universitas Esa Unggul Jakarta di ajang Liga Mahasiswa. Sedangkan Eka Liana setelah dicoret oleh tim nasional terpilih ke dalam proses seleksi tim nasional 3x3 Indonesia yang juga sedang menajlani pemusatan latihan di Jakarta. Selama di Korea Selatan, Tim Nasional Indonesia akan memusatkan kegiatannya di kota Seoul, sesekali tim nasional akan melakukan perjalanan untuk mengunjungi markas tim-tim WKBL yang akan dijadikan lawan bertanding. Jadwal pertandingan tim nasiona hingga saat ini adalah:

  • 3 Juli 2018 Shinhan S-Birds (WKBL)
  • 4 Juli 2018 Shinhan S-Birds (WKBL)
  • 5 Juli 2018 KEB Hana Bank Bucheon (WKBL)
  • 6 Juli 2018 Guri KDB Life Winnus (WKBL)
  • 10 Juli 2018 KEB Hana Bank Bucheon (WKBL)
  • 11 Juli 2018 Samsung Blue Minx (WKBL)
  • 12 Juli 2018 Samsug Blue Minx (WKBL)
  • 16 Juli 2018 Cheongju KB Stars (WKBL)
  • 17 Juli 2018 Yong In University
  • 18 Juli 2018 Eks. Tim Nasional Korea Selatan

(TSA)

Foto Oleh : Mei Linda