(srikandicup.com) - Tim Nasional Indonesia memastikan 12 nama-nama pemain yang akan berlaga di Asian Games XVIII Jakarta-Palembang bulan Agustus nanti Jumat (20/7) lalu. Sebelumnya terdapat 14 nama pemain yang menjadi bagian dari Tim Nasional Indonesia dan dikirim untuk uji tanding dan latihan intensif di Korea Selatan selama 3 minggu, dari 14 nama tersebut, staf kepelatihan menyisihkan nama Tiara Aulia Denaya (Tanago Friesian Jakarta) dan Helena Tumbelaka (Merpati Bali) sekaligus memastikan 12 nama lainnya terpilih untuk mewakili Indonesia di Asian Games XVIII mendatang.

Kepada srikandicup.com kepala pelatih tim nasional, Arif Gunarto mengkonfirmasi dicoretnya Helena dan Tiara dari daftar pemain. "Saat ini tim nasional langsung menuju ke Cirebon untuk bersiap melanjutkan pemusatan latihan. Helena dan Tiara sudah diperbolehkan untuk tidak bergabung dalam kegiatan tim sejak Sabtu (21/7)." Tim Nasional Indonesia baru tiba di tanah air pada Jumat malam, dan langsung menuju ke Cirebon untuk beristirahat. Cirebon merupakan markas bagi tim nasional putri selama dua tahun belakangan.Tim nasional akan kembali menjalani latihan mulai hari minggu.

Sisa-sisa waktu yang ada diproyeksikan untuk memperbaiki kekurangan tim yang teramati dari proses uji tanding selama di Korea beberapa waktu yang lalu. Secara khusus tim nasional akan menaruh perhatian lebih pada sektor fisik, kecepatan, dan tembakan. Kekurangan-kekurangan ini teramati dari rangkaian uji coba yang dilakukan tim nasional selama di Korea Selatan, dimana tim nasional Indonesia berkesempatan bertanding dengan tim-tim basket putri yang memiliki tradisi bagus di Korea, tim nasional bahkan sempat menjajal kekuatan Tim Nasional Korea yang juga sedang mempersiapkan diri untuk Asian Games XVIII mendatang.

Mengingat waktu penyelenggaraan Asian Games yang sudah kurang dari 1 bulan, secara perlahan intensitas latihan tim nasional mulai dikurangi untuk menjaga kondisi fisik para pemain dan menghindari cedera. "Kami akan fokus ke team work offense dan team work defense serta menambah latihan tembakan pada periode ini. Tim akan bertolak ke Jakarta pada tanggal 14 Agustus mendatang, sebelum itu, kami memiliki agenda untuk latih tanding sekali lagi melawan Tim GMC KU-18 Putra di Cirebon."

adelaide timnas
Adelaide merupakan pemain termuda (17 tahun) yang tergabung dalam tim nasional (Mei Linda)

 

Pada Asian Games mendatang, Indonesia akan tergabung dalam Grup X bersama dengan Korea, Cina-Taipei, Kazakhstan, dan India. Adapun 12 nama yang akan membawa nama Indonesia adalah:

  1. Adelaide Wongsohardjo (Bima Sakti Malang)
  2. Ivonne Sinatra (Surabaya Fever)
  3. Natasha Debby Christaline (Surabaya Fever)
  4. Gabriel Sophia (Surabaya Fever)
  5. Henny Sutjiono (Surabaya Fever)
  6. Kadek Pratita Citta Dewi (Merpati Bali)
  7. Vonny Hantoro (GMC Cirebon)
  8. Priscilla A Karen (Scorpio Jakarta)
  9. Nathania Claresta Orville (Surabaya Fever)
  10. Clarita Antonio (Surabaya Fever)
  11. Dyah Lestari (Sahabat Semarang)
  12. Christine Aldora Tjundawan (Sahabat Surabaya)   

Foto oleh: Mei Linda

(TSA)